Pengertian Bakteri Salmonella dan Ciri-Ciri Bakteri Salmonella

reglal.com – Kesempatan kali ini kita akan membahas Bakteri Salmonella. Apa itu Bakteri Salmonella??, tentu anda penasaran karena namanya sangat mirip dengan nama ikan. Daripada kita bingung, baiknya simak ulasannya berikut ini :

Pengertian Salmonella

Salmonella sendiri merupakan jenis dari bakteri enterobakteria gram-negatif yang mana bentuknya seperti tongkat. Salmonella sendiri dapat mengakiabtkan gangguan seperti tifoid (tipus), paratifod, serta penyakit foodborne. Spesies-spesies Salmonella sendiri bisa bergerak bebas serta menghasilkan hidrogen sulfida.

Bakteri Salmonella

Salmonella sendiri ditemukan pertama kali oleh Theobald Smith pada tahun 1885 pada tubuh seekor babi. Dan kemudian jenis bakteri diberi nama dengan “Salmonella” oleh rekannya, yakni Daniel Edward Salmon, yang merupakan seorang ahli patologi yang berasal dari Amerika.

Perlu kita ketahui bahwa salmonella sendiri merupakan penyebab utama dari penyakit yang disebarkan melalui makanan (foodborne diseases). Dan umumnya, serotipe Salmonella menyebabkan penyakit pada organ pencernaan. Adapun penyakit yang disebabkan oleh Salmonella biasa disebut dengan salmonellosis.

Dan ciri-ciri orang yang mengalami salmonellosis, antara lain: diare, keram perut, hingga demam dalam waktu 8 hingga 72 jam setelah memakan makanan yang telah terkontaminasi oleh Salmonella. Adapun Gejala lainnya adalah demam, sakit kepala, mual dan muntah-muntah Buku Mario Teguh

tiga serotipe utama dari jenis Salmonella enterica ialah S. typhi, S. typhimurium, serta S. enteritidis. Adapun S. typhi menyebabkan penyakit demam tifus (Typhoid fever), hal ini di karenakan invasi bakteri ke dalam pembuluh darah dan gastroenteritis, yang diakibatkan oleh keracunan makanan/intoksikasi.

Gejala demam tifus ini meliputi demam, mual-mual, muntah hingga kematian. S. typhi memiliki keunikan yang hanya menyerang manusia, dan tidak ada inang lain. Infeksi Salmonella bisa berakibat fatal terhadap bayi, balita, ibu hamil dan kandungannya serta orang lanjut usia. Hal ini sendiri disebabkan karena kekebalan tubuh yang menurun. Kontaminasi Salmonella bisa dicegah dengan cara mencuci tangan dan menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsi.

Ciri-ciri Salmonella

Setelah kita memahami pengertian dari Salmonella diatas, berikut ini ciri-ciri dari Bakteri Salmonella

a. Salmonella merupakan bakteri gram negatif yang berbentuk batang. Bakteri gram negatif tidak mempertahankan pewarna kristal violet yang digunakan pada metode pewarnaan gram karena fakta bahwa mereka memiliki dinding sel yang tipis. Bakteri gram negatif ini sering berbahaya bagi inang, yang merupakan kasus untuk banyak bakteri Salmonella.
b. Salmonella memiliki panjang antara 2 dan 5 mikrometer dan diameter 0,7-1,5 mikrometer.
c. Salmonella memiliki flagela, yang mana proyeksinya seperti ekor yang terbuat dari protein yang bisa membantu bakteri untuk bergerak.

Itulah ulasan sekilas penjelasan tentang Pengertian Bakteri Salmonella dan Ciri-Ciri Bakteri Salmonella, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan untuk mengirimkan kritik ataupun saran kepada redaksi kami

Baca Juga :