Pengertian Moral Menurut Para Ahli

reglal.com – Semakin banyaknya kelahiran yang terjadi maka semakin banyak pula jumlah penduduk. Banyak generasi muda pada zaman ini kurang dalam penilaian sikap dan tingkah laku pada orang tu dan pada teman sebayanya.

Generasi muda saat ini telah rusak dan beraku tidak sopan atau hormat pada orang yang lebih tua, hanya sebagian kecil dari generasi muda kita yang mempunyai moral dan akhlak yang baik. Ini terjadi karena tidak adanya pengarahan moral yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya dari kecil. Para orang tua sekarang cenderung lebih perduli dengan trend yang sedang berkembang tanpa memikirkan perilaku yang akan tersimpan pada diri anak mereka.

pengertian-moral-menurut-para-ahli

Moral secara umum merupakan suatu hukum tingkah laku yang diterapkan kepada setiap individu agar dapat bersosialisasi dengan orang lain atau kelompoknya dengan benar supaya terjalin rasa saling hormat menghormati. Moral sangat perlu untuk ditanamkan sejak dini oleh kedua orang tua dan lingkungan agar pada masa yang akan datang generasi penerus kita akan menjadi anak yang bermoral baik dan dapat diterima dengan baik di masyarakat.

Pelajaran tentang moral ini sangat penting, jatuhnya moral anak muda saat ini ialah karena kurangnya perhatian dari para orang tua. Karenanya kita harus terus meningkatkan moral generasi muda agar bangsa ini tetap terjaga moralnya di mata dunia.

Moral Menurut Para Ahli

– Menuru Merriam – webster
Moral ialah mengenai atau berhubungan dengan apa yang benar dan salah dalam perilaku manusia, dianggap benar dan baik oleh kebanyakan orang sesuai dengan standar perilaku yang tepat pada kelompok atau masyarakat tersebut.

– Menurut Hurlock
Moral merupakan perilaku yang sesuai dengan kode moral kelompok sosial. Moral sendiri berarti tata cara, kebiasaan, dan adat. Perilaku moral dikendalikan konsep konsep moral atau peraturan perilaku yang telah menjadi kebiasaan bagi anggota suatu budaya Contoh Rumus Tekanan

– Imam Sukardi
Moral merupakan kebaikan kebaikan yang disesuaikan dengan ukuran ukuran tindakan yang diterima oleh masyarakat atau umum, meliputi kesatuan sosia maupun lingkungan tertentu.

– Zainuddin Saifullah Nainggolan
Moral merupakan suatu tendensi rohani untuk melakukan seperangkat standar dan norma yang mengatur perilaku seseorang dan masyarakat.

– Sonny Keraf
Moral dapat digunakan untuk mengukur kadar baik dan buruknya sebuah tindakan manusia sebagai manusia, mungkin sebagai anggota masyarakat (member of society) atau sebagai manusia yang memiliki posisi tertentu atau pekerjaan tertentu.

– Dian Ibung
Moral merupakan nilai atau value yang berlaku dalam suatu lingkungan sosial dan mengatur tingkah laku seseorang. Maria Assumpta menambahkan bahwa pengertian moral ialah aturan aturan atau rule mengenai sikap atau attitude dan perilaku manusia (human behavior) sebagai manusia.

– Kamus Psikologi
Moral mengacu kepada akhlak yang sesuai dengan peraturan sosial, atau menyangkut hukum atau adat kebiasaan yang mengatur tingkah laku.

– Wikipedia
Moral merupakan pesan yang di sampaikan atau pelajaran yang bisa di petik dari kisah atau peristiwa.

Baca Juga: