Pengertian Mitokondria Dan Fungsi Mitokondria

A. Pengertian Mitokondria

reglal.com – Mitokondria merupakan organel, mitokondria merupakan kata yang berasal dari bahasa yunani mitos yang memiliki arti “benang” dan chondros yang berarti “butir”. Adapun pemberian nama dari mitokondria itu sendiri ialah dengan menggambarkan bahwa organel memiliki kemiripan seperti benang jika dilihat dengan sebuah mikroskop cahaya. Mitokondria adlah sebuah organel sel yang mempunyai bentuk yang bulat panjang seperti cerutu dan juga mempunyai ukuran sekitar 0,3 hingga 0,4 mikron. Mitokondria yang biasanya dijumpai di seluruh sel eukariotik, serta banyak biasanya banyak ditemukan di dalam sel-sel yang aktivitas dari metaboliknya tinggi, dan letaknya berada di dalam sitoplasma,tepi sel serta nukleus.

pengertian-mitokondria-dan-fungsi-mitokondria

Adanya sebuah mitokondria di dalam sitoplasma yang berkaitan dengan sebuah fungsi mitokondria sebagai alat pembuat dan juga pemberi energi. Yang secara relatif pada setiap sel mempunyai jumlah mitokondria yang berbeda. Misalkan pada sel hewan yang memiliki kandungan mitokondria yang jauh lebih banyak, dan jika dibandingkan dengan sel tumbuhan. Mitokondria sendiri memiliki membran ganda yakni membran dalam yang terlipat secara ekstensif serta membrane luar yang halus dan membentuk perbatasan luar http://www.seputarpendidikan.com

Krista atau juga suatu lipatan-lipatan itu menjulur ke dalam bagian organel. Dan pada mitokondria terdapat sebuah zat antara atau pun matrik yang memiliki kandungan beberapa enzim yang dapat memungkinkan berlangsungnya sebuah siklus asam sitrat (siklus kreb’s) yang terutama berada pada enzim ATP Synthetase dan juga energi. Selain itu juga matrik ini mengandung protein, lipida, ribosom, granula-granula tertentu, dan juga DNA. Sejumlah enzim tadi mempunyai keterkaitan di dalam pemecahan sistemik molekul organik agar dapat menghasilkan energi sel. Dan sedangkan fungsi dari DNA sendiri di dalam mitokondria adalah untuk mengatur sintesisprotein di dalam ribosom dan juga sitoplasma.

B. Fungsi Mitokondria

Berikut merupakan fungsi dari mitokondria yang akan dijelaskan berikut ini.

1. Sebagai power house of cell atau pusat dari pembangkit tenaga dari sel
2. Sebagai sintesis lipid pada matriks mitokondria
3. Sebagai oksidasi makanan
4. Sebagai fosforilasi oksidatif
5. Sebagai system transfer electron dan dehidrogenasi

Itulah sekilas Pengertian Mitokondria Dan Fungsi Mitokondria, terima kasih telah menyempatkan membaca, semoga artikel yang anda baca bermanfaat, jangan sungkan mengirimkan kritik maupun saran kepada redaksi kami, dan anda bisa meninggalkan jejak pada komentar dibawah.

Baca Lainnya: