Fungsi Perencanaan Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar

Fungsi Perencanaan Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar

reglal.com – Dalam segala aspek memang rencana sangat penting dilakukan. Termasuk juga soal rencana pembelajaran dalam menunjang keberhasilan dan kelangsungan belajar mengajar. Mengenai rencana pembelajaran tidak hanya menjadi bekal bagi seorang guru untuk menyampaikan pembelajaran akan tetapi juga menjadi pedoman bagi siswa agar nantinya bisa nyaman dengan apa yang dipelajari dalam proses belajar mengajar.

Fungsi Perencanaan Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar

Perencanaan pembelajaran sendiri hadir dalam bentuk kalender pendidikan, kurikulum pendidikan, mata pelajaran, mata tugas dalam mata pelajaran dan sebagainya yang memang berfungsi untuk menunjang berlangsungnya proses belajar mengajar dengan optimal. Lalu apa saja kira – kira fungsi secara detail yang dapat kita temukan dari perencanaan pembelajaran dalam proses belajar mengajar?

Fungsi Perencanaan Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar

Fungsi kreatif

Perencanaan pembelajaran yang dilakukan secara terkonsep oleh tenaga pengajar tentu tak akan terjadi tanpa sebab karena salah satu fungsinya adalah sebagai media kreatif. Dengan perencanaan pembelajaran nantinya akan dapat membantu dalam peningkatan daya kreatifitas peserta didik agar hasil proses belajar mengajar memperoleh dampak yang positif bagi pengembangan kreatifitas peserta didik.

Fungsi inovatif

Inovatif sendiri memang sangat dekat kaitannya dengan dunia yang penuh kreatifitas. Dan memang perencanaan pembelajaran dapat menjadikan seorang siswa dalam konteks belajar mengajar nantinya akan dapat berlaku menginovasi diri dan menginovasi setiap tindakan dalam konteks pembelajarannya. Tenaga pendidik juga ada baiknya untuk mencari tahu nantinya mana metode yang sangat efektif dilakukan untuk menjadikan siswa yang inovatif.

Fungsi selektif

Perencanaan pembelajaran  juga memiliki fungsi lain yaitu salah satunya adalah menjadi sebuah fungsi yang dapat menyaring berbagai macam perencanaan yang dinilai lebih patut untuk dilakukan agar mendapatkan hasil yang terbaik ke depannya.

Fungsi komunikatif

Agar rencana pembelajaran juga semakin terealisasi dengan sangat sempurna memang diperlukan fungsi komunikatif. Fungsi ini merupakan sebuah fungsi dasar yang harus dimiliki oleh seorang anak. Nantinya anak tidak akan pernah malu – malu melakukan apa saja dengan adanya fungsi komunikatif ini.

Fungsi kontrol

http://www.kuliahbahasainggris.com/recount-text-pengertian-tujuan-generic-structure-dan-contoh-terlengkap/ Fungsi kontrol dalam konteks perencanaan pembelajaran ini merupakan sebuah fungsi yang bertujuan dalam rangka mengendalikan keinginan belajar agar tetap seimbang. Nantinya tentu tak akan hanya dapat melakukan aktivitas belajar saja akan tetapi juga akan dapat diimbangi dengan melakukan kegiatan lain seperti bermain bersama dan sebagainya. Fungsi kontrol dalam konteks perencanaan pembelajaran juga memang dapat membuat semuanya akan jadi jauh lebih terencana dan akan jadi jauh lebih baik lagi di masa depan.

Memang ada banyak fungsi dari penerapan perencanaan pembelajaran. Semoga informasi yang kami berikan diatas tentang Fungsi Perencanaan Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar menjadi informasi yang bermanfaat.

Baca artikel lainnya tentang desain rumah :