4 Tips Renovasi Rumah Agar Hasilnya Memuaskan

4 Tips Mudah dan Hemat Renovasi Rumah Agar Hasilnya Memuaskan

reglal.com – Tahun baru sebentar lagi menjelang. Sebagian orang mengidentikkan tahun yang baru dengan sesuatu yang baru juga. Penampilan rumah, salah satu contohnya. Ada yang kurang rasanya bila rumah tidak ikut berbenah dan berwajah baru demi menyambut awal tahun. Keinginan ini sah-sah saja. Semangat menapaki tahun yang baru datang memang dapat diwujudkan dari mana saja, termasuk mengganti tampilan rumah dengan melakukan renovasi.

Tips Renovasi Rumah

Tetapi harus disadari bawah renovasi merupakan pekerjaan yang tidak bisa dianggap enteng. Pasalnya, tenaga, waktu, dan biaya banyak terkuras ke sana. Karena itu, banyak hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum renovasi dilaksanakan, agar hasilnya memuaskan dan berkenan di hati. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Menetapkan Tujuan
Merenovasi rumah dapat mulai dari yang berskala kecil sampai besar. Untuk skala kecil, contohnya pengecatan ulang, penggantain pagar, atau pembuatan panel interior. Sementara skala sedang meliputi penambahan ruang atau mengubah letak kamar. Sedangkan renovasi skala besar dapat berupa meningkat rumah atau mengganti atap. Dari awal tetapkan tujuan Anda agar renovasi tidak melebar ke mana-mana. Godaan untuk memperbaiki hal lain atau mengubah ide saat renovasi rumah, tidak saja menjadikan waktu pelaksanaan berlarut-larut, tetapi juga menyebabkan biaya membengkak.

2. Menganggarkan Biaya
Setelah menetapkan tujuan, siapkan biaya yang dibutuhkan. Anggarannya dapat dihitung dari perkiraan jasa desain, harga material, dan ongkos tukang. Jangan memaksakan diri bila biaya belum siap. Jika dipaksakan, ujung-ujungnya Anda akan kesulitan dan hasil renovasi pun menjadi tak sempurna. Apalagi, dalam renovasi sebaiknya disediakan cadangan dana sekitar 20% dari seluruh biaya renovasi. Dana cadangan ini untuk berjaga-jaga apabila ada kenaikan harga material, atau ada perubahan di tengah jalan.

3. Menyiapkan Waktu
Renovasi yang memuaskan dapat terwujud bila timing-nya pas. Dalam pembangunan rumah, faktor cuaca ikut berpengaruh dalam menantukan cepat atau lambatnya pelaksanaan. Tidak disarankan melakukan renovasi di luar rumah ketika musim hujan atau ketika masa transisi di mana cuaca sulit diperkirakan. Lebih baik renovasi dilaksanakan pada musim kemarau. Atur juga waktu renovasi agar tidak berdekatan dengan hari raya karena waktu dan pikiran Anda akan tersita ke berbagai tempat.

4. Merancang Desain
Memiliki gambaran yang jelas mengenai seperti apa renovasi yang hendak dilakukan akan sangat membantu. Rancangan yang sudah pasti juga mencegah terjadinya perubahan di tengah jalan yang akan menghambat pelaksanaan dan menambah biaya. Sebelumnya berkonsultasilah dengan arsitek atau kontraktor agar mendapatkan saran lebih mendetail. Sertakan juga keterangan mengenai spesifikasi material yang akan digunakan agar desain dapat diwujudkan sesuai rencana semula. Demikian penjelasan singkat ini, semoga dapat menjawab permasalahan yang Anda hadapi.

Baca artikel lainnya tentang desain rumah :