4 Tips Praktis Membuat Ruang Mungil Tampak Luas

4 Tips Praktis Membuat Ruang Mungil Tampak Luas Dengan Cara Mudah dan Cepat

reglal.com – Memang kadang menyulitkan saat Anda ingin mengimplementasikan sebuah atmosfir terbuka dengan hantaran udara segar di sebuah ruangan yang terbilang cukup mungil. Namun ketika semua sudah direncanakan dan dipikirkan dengan tepat, maka ruang kecil bisa sama indah dan fungsionalnya seperti sebuah ruangan besar. Bahkan, ada banyak hal yang dapat dilakukan saat mendekorasi ruang mungil untuk membuat mereka terlihat lebih besar. Berikut adalah beberapa tipsnya.

Tips Membuat Ruang Tampak Luas

1. Gunakan Cermin
Cermin merupakan aksesoris dekoratif yang indah untuk ruangan mungil. Mereka akan memantulkan cahaya dan menciptakan rasa terbuka. Namun ada beberapa aturan dasar saat Anda ingin menggunakan cermin di ruang yang mungil.

Daripada menggunakan beberapa cermin kecil, cobalah untuk menggunakan yang benar-benar besar dengan bingkai indah. Tempatkan cermin tersebut di atas meja, atau di belakang gantungan mantel – lebih besar lebih baik. Menggunakan banyak cermin kecil bisa mengacaukan visualisasi dan menghanguskan tujuan awal.

Jika memungkinkan, taruh cermin besar tersebut di seberang jendela. Langkah ini akan memantulkan cahaya lebih banyak dan menampilkan apa pun yang Anda lihat melalui jendela dan akan membuatnya tampak seolah-olah ada jendela lain. Dengan demikian akan menciptakan suasana sejuk dan lebih terbuka.

2. Gunakan Furniture Besar
Hal ini mungkin akan membuat sebagian orang bingung. Tetapi jika Anda menempatkan furnitur besar dengan tepat dalam ruang kecil, langkah tersebut benar-benar bisa membuat ruang terlihat lebih besar. Terlalu banyak potongan-potongan kecil yang berdesakan dalam ruang yang kecil akan membuat ruang tersebut terlihat berantakan dan menghambat arus lalu lintas orang yang lewat.

3. Taruh Kursi Tanpa Sandaran Tangan
Salah satu cara untuk mengekspos kesan terbuka di ruang mungil adalah dengan menggunakan tempat duduk tanpa armchair. Hal ini diyakini mampu mereduksi tampilan berantakan di sebuah ruang dan menghasilkan ilusi ruang yang lebih luas.

4. Gunakan Warna Cerah
Warna gelap mungkin cocok ditempatkan di ruang kecil, tetapi mereka tidak bisa membuat ruangan terlihat lebih besar. Jika Anda ingin menciptakan rasa lega, tetap dengan warna terang. Gunakan warna yang sama di dinding, trim dan setiap detail lainnya saat Anda mengecat. Namun jika Anda kurang suka dengan ide tersebut, Anda bisa mengkombinasikannya dengan warna lain, yang penting kelirnya masih tetap cerah dan tidak terkesan suram.

Baca artikel lainnya tentang desain rumah :