Problematika Pendidikan Indonesia Dari Orde Baru Sampai 2016

pendidikan-indonesia-dari-orde-baru

Problematika Pendidikan Indonesia Dari Orde Baru Sampai 2016

Reglal.Com – Sebagai orang yang pernah atau mungkin tengah melaksanakan pendidikan di Indonesia tentunya kita merasakan, menikmati dan mungkin menjalankan sistem pendidikan yang ada di Indonesia ini. Terhitung sejak era orde baru bahkan sampai di tahun 2016 ini bisa kita rasakan adanya arus perubahan demi perubahan yang dilakukan oleh pemerintah. Mulai dari perubahan konsep pendidikan, wacana pendidikan, pengajaran dan pembelajaran bahkan sistem ujian juga dilakukan perubahan perubahan. Modul – modulnya bahkan mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.

Hanya saja masalahnya, dengan semua arus perkembangan dan perubahan yang ada, tak semua orang bisa merasakan dampak positifnya. Bahkan beberapa elemen mengaku bingung dengan sistem pendidikan Indonesia yang berubah – ubah dan tak ada tatanan pasti sementara mutu pendidikan dan hasil pendidikan Indonesia masih begitu – begitu saja. Ada daerah yang sangat menonjol dan daerah lain tidak menonjol bahkan cenderung kurang diperhatikan masalah pendidikan. Mengenai problematika pendidikan di Indonesia sejak orde baru sampai tahun 2016, berikut informasinya untuk Anda di bahasainggrisoke.com/pengertian-rumus-dan-contoh-kalimat-simple-present-tense-terlengkap !

Problematika Pendidikan Indonesia Dari Tahun Ke Tahun

Pemerataan pendidikan

Saat ini memang bangsa Indonesia masih mengalami pemerataan pendidikan karena memang salah satu masalah yang terjadi di Indonesia adalah soal pemerataan pendidikan ini. Hal ini karena memang pendidikan yang ada di Indonesia hanya dapat dirasakan di kaum menengah ke atas saja.  Ini yang menjadi dasar bagi keterpurukan pendidikan yang berlaku di Indonesia.

Agar pendidikan di Indonesia nantinya tidak semakin terpuruk, maka tentu pemerintah harus mengambil kebijakan yang tepat. Misalkan adanya kebijakan wajib belajar 12 tahun dan sebagainya. Ini yang kemudian menjadi salah satu solusi yang bisa diterapkan.

Biaya pendidikan

Kondisi ekonomi Indonesia yang semakin terpuruk memang akan berdampak juga pada pendidikan yang ada di Indonesia. Dan memang ada banyak sekali anak yang tidak dapat mengenyam pendidikan dan merasakan seperti apa nikmatnya mengenyam pendidikan karena kondisi biaya. Karena itu agar Indonesia tidak semakin terbelakang hanya karena “biaya” yang menjadi kendala pendidikan maka pemerintah harus berupaya menyiapkan dana – dana bantuan untuk pendidikan masyarakatnya. Salah satu yang telah diberikan oleh pemerintah kepada konsumen pendidikan adalah bantuan dana berupa dana BOS.

Kualitas pendidikan

Masalah lain yang timbul di Indonesia adalah kualitas pendidikan. Masalah yang satu ini sebenarnya datang dari dalam tenaga kependidikan dan sistem kependidikan sendiri. Semua itu mulai dari tenaga pendidik sampai elemen pemerintahan berkontribusi dalam memberikan pendidikan yang berkualitas. Ketika tenaga pendidik dan elemen pemerintahan tidak bersiap dengan kualitas pendidikan tentu kualitasnya akan semakin menurun.

Demikian sedikit informasi tentang Problematika Pendidikan Indonesia Dari Tahun Ke Tahun. Sebagai warga negara Indonesia mari kita berikan yang terbaik untuk Indonesia.

Baca Juga :