Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Balita dan Remaja

Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Balita dan Remaja

reglal.com – Kasus tentang kekerasan seksual pada anak-anak belakangan ini jadi berita yang bisa dibilang cukup senter di tv. Kejahatan terjadi bukanlah hanya dikarenakan ada niat pelakunya akan tetapi juga terjadi dikarenakan adanya kesempatan. Anak-anak yang begitun rentang sekali jadi korban kejahatan seksual. Dan ada beberapa alasan yang paling sering diungkapkan para pelaku kekerasan seksual adalah orientasi seksuial yang menyimpang dari para pelaku atau pun gairah untuk bisa menyalurkan hasrat seksualnya pada anak-anak. Dan sering sekali pelaku adalah orang yang sudah pernah jadi korban kekerasan seksual dimasa lalunya.

Pentingnya Pendidikan Seks Bagi Balita dan Remaja

Wacana tentang pendidikan seksual pada anak ini kembali ramai diperbincangkan oleh insane pendidikan di Indonesia, adanya kasus kekerasan seksual yang banyak menimpang peserta didik menyadarkan kembali ingatan kita terhadap pentingnya pengetahuan tentang pendidikan seksual pada anak-anak supaya mereka nantinya bisa lebih paham arti pendidikan seksual secara komprehensif. Sehingga mereka pun tak sampai terjebak dalam kehidupan seksual yang salah.

Pendidikan seksual pada balita dan remaja

Jika membicarakan masalah seksual di mata masyarakat kita memang masih memegang tegu etika ketimuran seperi jadi suatu hal yang dianggap tabu, apalagi jika orangtua membicarakan hal yang berbau seksual dihadapan anak-anaknya sering sekali dianggap tak sopan, tak tahu adab sehingga sangat jarang sekali orangtua dan anak berkomunikasi serta berbicara tentang masalah seksual ini.

Pendidikan seksual ini memang harus diajarkan sejak usia anak masih kecil atau balita supaya nantinya mereka tak mudah terjebak ke dalam pergaulan bebas dan juga orientasi tentang seksual yang salah kaprah. Misalnya saja pendidikan seksual yang dapat diajarkan antara anak laki-laki dengan anak perempuan tak mandi secara bersamaan, yang pastinya dengan penjelasan yang menggunakan bahasa  mudah dipahami oleh anak-anak kenapa hal yang demikian tersebut harus dilakukan. Guru dan juga orangtua merupakan sosok yang paling penting serta memiliki pengaruh besar di dalam tumbuh kembang anak. Sehingga peranan guru dan juga orangtua sangat vital sekali dalam memberi pendidikan tentang seksual pada anak-anak.

sejarah sumpah pemuda Guru sebagai sosok yang nantinya digugu dan ditirukan oleh anak-anak bisa menyampaikan pendidikan seksual pada anak didiknya pasti dengan bahasa yang edukatif serta mudah dipahami oleh anak didiknya tersebut. Dan orangtua pun juga harus bisa lebih memperhatikan tingkah laku anaknya saat di rumah. Jangan sampai orangtuanya terlena dan akhirnya membiarkan anak-anaknya tanpa control yang baik terhadap alat komunikasi yang dimilik oleh anak-anaknya.

Nah, itulah tadi beberapa informasi yang dapat kami bagikan kepada Anda semuanya tentang pentingnya pendidikan seks bagi balita dan remaja. Semoga saja informasi di atas bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Baca artikel lainnya tentang desain rumah :