Lakukan Hal ini Sebelum dan Saat Ujian

Lakukan Hal ini Sebelum dan Saat Ujian

reglal.com – Apa yang harus dilakukan anak sebelum dan pada saat mengerjakan ujian ya bund? Perlu bunda ketahui nih ya bahwasannya ada beberapa cara atau pun hal yang seharusnya dilakukan Anda selaku orangtua dan anak Anda ketahui di dalam mengerjakan soal ujian. Berikut informasi selengkapnya yang perlu Anda simak terlebih dulu.

Lakukan Hal ini Sebelum dan Saat Ujian

Hal yang harus dilakukan sebelum dan saat ujian

Menuangkan isi kepala

Apabila anak Anda cukup khawatir akan melupakan semua rumus yang sudah dia pelajari sebelumnya, minta anak Anda untuk menuliskan kembali di lembaran soal atau pu kertas buram semua rumus tersebut, kata serta angka kunci yang sudah dia pelajari segera pada sata ujian dimulai. Sebab rumus yang tengah tersimpan di kepalanya telah dicatat dengan baik, dia bisa mepelaskan rasa khawatir dan juga lebih berfokus lagi dalam mengerjakan soal ujian.

Pindai dan pilihlah

Silakan Anda latih anak untuk segera memindai semua soal dan mulailah untuk mengerjakan soal yang dia anggap paling mudah terlebih dulu (tidak perlu mengerjakan soal secara berurutan). Keberhasilan dalam memecahkan soal nanti akan tingkatkan kepercayaan dirinya serta menghemat waktu untuk mengerjakan soal yang dianggap paling sulit dikemudian waktu.

Pilihan ganda

Umumnya, apabila soal ujian memiliki 4 buah jawaban pilihan ganda untuk dpilih, maka anak akan dapat secara langsung mengabaikan 2 buah pilihan jawaban yang jelas sekali salah. Selanjutnya, dia tinggal pilih jawaban yang benar dari 2 buah jawaban yang tersisa.

Apabila sih anak memiliki waktu beberapa hari untuk persiapkan dirinya dalam menghadapi ujian, maka Anda bisa mencoba langkah yang sederhana ini untuk bisa membagi beban belajar anak.

3 hari sebelum ujian berlangsung

Mintalah pada anak Anda untuk membaca ulang semua materi yang nantinya akan diujikan, termasuk halnya textbook dan juga catatan.

2 hari sebelum ujian berlangsung

Mintalah anak Anda untuk ulang kata-kata kunci serta konsep terpenting secar alisan pada Anda, tanpa harus melihat ke buku catatan lagi. Apa dia sungguh-sungguh sudah menghafalnya atau tidak?

1 hari sebelum ujian berlangsung

Apabila gurunya memberikan soal kisi-kisi atau pun soal latihan ujian, anak Anda haruslah sudah dapat mengerjakan. Seandainya dia masih tak mampu menjawab beberapa soal, minta dia untuk mempelajari kembali catatannya.

Pada saat ujian berlangsung

dosenpendidikan.com Bila anak And merasa percaya diri, maka dorong dia untuk sekadar membaca ulang catatannya sembari sarapan. Bila sih anak masih saja merasa cemas, ada baiknya tidak usah membacakan ulang materi ujian, tetapi ajaklah dia untuk lakukan relaksasi seperti halnya menarik napas dalam-dalam.

Itulah hal yang harus dilakukan sebelum dan saat ujian yang harus diketahui setiap pelajar. Semoga bermanfaat.

Baca artikel lainnya tentang desain rumah :