5 Keunggulan Warna Hitam Untuk Mendekorasi Ruangan

5 Keunggulan Warna Hitam Untuk Mendekorasi Desain Ruangan Menjadi Lebih Indah dan Nyaman

reglal.com – Banyak yang memandang sebelah mata saat mereka disarankan mengadopsi warna hitam untuk mempercantik tampilan sebuah ruangan. Mereka kerap berpikir bahwa mendekorasi dengan warna hitam identik dengan kegelapan dan depresi. Apakah benar seperti itu? Kenyataannya, mengimbuhkan sedikit warna hitam di dalam interior merupakan sebuah hal yang krusial. Hitam dapat mencerminkan kesan dramatis dan elegan seperti yang dibutuhkan oleh semua ruangan. Sama seperti memoles maskara di bulu mata, warna ini akan menambah ketegasan warna dan bentuk.

desain kamar hitam putih

1. Hitam Warna Yang Multifungsi
Warna ini bisa digunakan di semua jenis ruangan dalam berbagai gaya. Baik pada sofa bergaya manis dan modern, karpet dengan pola geometris, atau kepala tempat tidur yang elegan dan feminim. Hitam bisa menjadi maskulin, feminim, serius, riang, menyenangkan atau romantis. Semua tergantung pada bagimana Anda menggunakannya.

2. Hitam Sebagai Aksen
Menghiasi sebuah ruangan dengan warna hitam bisa menjadi sangat penting, karena memiliki grounding effect yang bisa membuat mata Anda beristirahat. Jika sebuah ruangan diterangi dengan terlalu banyak cahaya dan warna-warna cerah tanpa dipadankan dengan warna yang teduh, tampilan sebuah ruangan bisa menjadi mengambang. Alhasil, dapat membingungkan mata. Anda tidak butuh banyak cat hitam, cukup memadukannya saja. Semisal bingkai foto hitam di tembok, meja kopi hitam, triming hitam di tembok atau bahkan sesuatu yang simple seperti pita kecil di tutup lampu atau bantal. Menerapkan pengulangan dalam sebuah dekorasi juga merupakan sebuah hal yang sangat diperbolehkan untuk menghasilkan kesan sebuah kesatuan.

3. Hitam Mudah Untuk Dipadukan
Yang unik saat menggunakan cat hitam sebagai aksen adalah, kita bisa merangkai semua bagian tanpa harus berantakan. Contohnya, Anda dapat menaruh rangkaian foto atau gabungan karya seni yang memiliki gaya dan warna berbeda dalam sebuah frame hitam. Walaupun berbeda-beda namun dengan mudah akan langsung menyatu.

4. Hitam Sebagai Warna Dominan
Walau cat hitam merupakan warna gelap, namun sebuah ruangan yang didominasi dengan hitam tidak akan selamanya menjadi suram.

5. Aturan Mendekorasi Dengan Warna Hitam
Jika Anda mendekorasi dengan hitam dan putih, pastikan untuk menggunakan campuran pola antara skala besar, kecil dan sedang berbarengan dengan hitam pekat dan sputih solid untuk menghasilkan ketertarikan visual.
Kalau hitam menjadi warna dominan (warna tembok misalnya), tambahkan beberapa detail arsitektural seperti bingkai dinding dan sebagainya.

Gunakan aksentuasi berwarna di ruangan bercat hitam agar lebih kentara dan tetap menjaga kesan tidak terlalu mencolok. Tambahkan orange atau pink agar terlihat menyenangkan, baby blue atau hijau yang terlihat lembut, atau coba warna gold dan silver untuk kesan mewah.

Bayangkan sebuah ruangan hitam sama seperti saat Anda memikirkan baju berwarna hitam. Mereka merupakan sebuah pondasi yang bagus namun tetap butuh aksesoris agar tidak terlihat datar. Selamat mencoba.

Baca artikel lainnya tentang desain rumah :